Rabu, 18 Februari 2015

REPORT PROGRES



REPORT PROGRES NASKAH CALIGULA
1.      Apa yang dirancang
Dalam menentukan naskah yang akan dipilih oleh Mahasiswa minat pemeranan, Mahasiswa terlebih dahulu menimbang dan mencari solusi untuk pemilihan naskah agar tidak kesulitan dalam menggarap sebuah teater klasik khususnya pada zaman romawi kuno, karena mengingat mahasiswa minat pemeranan drama klasik angkatan 2012 semester V yang berjumlah 13 orang, dan hasil wawancara saya dengan beberapa orang mahasiswa yang mengatakan untuk membahas rancangan naskah yang akan dipilih, terdapat beberapa pertimbangan dalam membedah naskah, pada akhirnya dosen mata kuliah mengusulkan naskah Caligula untuk di garap, karena naskah zaman romawi kuno memiliki jumlah aktor yang seimbang dengan jumlah mahasiswa minat pemeranan, dan hasil dari kesepakatan telah diputuskan naskah yang digarap adalah lakon Caligula.
2.      Tahap konseptual apa yang akan di lalui pelaku diatas panggung
Tahap-tahap yang dilalui dalam menggarap naskah Caligula, pertama melakukan casting, dosen menentukan karakter siapa yang cocok untuk masih-masing tokoh. Setelah tahap casting berhasil, masing-masing tokoh sudah ditentukan, dilanjutkan lagi ke tahap reading dan penghafalan naskah, untuk proses penghafalan naskah, mahasiswa diberi waktu sebulan untuk menghafal naskah, walaupun dua bulan setelah itu, ternyata masih ada mahasiswa yang masih memegang naskah ketika proses. Permasalahan tersebut di karena kan banyaknya aktor yang izin latihan ketika proses. Sesuai arahan dari dosen mata kuliah, tahap selanjutnya ialah pendalaman karakter dan menentukan blocking. Namun pencarian blocking dilakukan  individual, setelah itu baru dosen pembimbing melakukan pembersihan terhadap blocking mahasiswa.
Tahap lainnya ialah menentukan setting, dan kostum, kemudian untuk hasil akhir aktor-aktor latihan akhir meggunakan setting, kostum, properti dan musik, agar ketika tampil di panggung semuanya dapat dibawakan dengan baik.
3.      Observasi
Setiap proses yang dilakukan dalam menggarap naskah ini. Mahasiswa minat pemeranan mengatur jadwal latihan demi kelancaran proses, karena mata kuliah ini 4 sks, oleh sebab itu 2 jadwal memakai jadwal kuliah dan 1 jadwal memakai jadwal tambahan.
Jadwal latihan :
a.       Rabu, jam 20.00 WIB.
b.      Kamis, jam 10.00 WIB
c.       Jumat, jam 10.00 WIB
Dari penentuan jadwal latihan ini, masih terdapat kendala-kendala dalam melakukan proses, salah satu kendalanya ialah kurangnya kesadaran aktor terhadap proses, contohnya ketika si A datang, si B izin, ketika si B datang si A ada halangan, karena kendala ini menyebabkan proses menjadi tersendat dan penghafalan naskahpun membutuhkan waktu yang lama.
Akibatnya pemahaman aktor terhadap karakter yang dimainkan kurang maksimal dan blocking masih belum tertata dengan rapi. Namun pertunjukan naskah Caligula ini berhasil dipentaskan dan memukau semua penonton yang hadir, pengaplikasiaannya terhadap
4.      Metode/tekhnik pemeranan
Drama klasik “Caligula” berawal pada zaman Romawi, cerita “Caligula” merupakan kisah nyata yang di naskahkan oleh Albert Camus. Caligula menceritakan tentang kisah kaisar paling kejam sepanjang sejarah Roma, dia mempergunakan kekuasaannya atas kehendaknya sendiri, tapi Albert Camus membuat naskahnya menjadi eksistensialis. Mahasiswa Seni Teater angkatan 2012 mengangkat Drama Klasik Romawi”Caligula” ini untuk di pentaskan, mereka menggarap naskah ini mengingat banyaknya jumlah aktor yang dibutuhkan, karena naskah Caligula membutuhkan lebih dari 10 aktor, maka dengan berbagai pertimbangan,dosen pemeranan memutuskan naskah ini untuk di garap mahasiswa.
Sebelum memutuskan untuk menggarap naskah Caligula, mahasiswa di casting terlebih dahulu untuk pencocokan karakter, sehingga terpilihlah peran yang cocok bagi masing-masing pemain, kemudian lanjut dengan reading, butuh waktu lama untuk reading, mengingat naskah drama klasik Caligula ini panjang dan dialognya yang puitik agak sukar untuk dipahami. 40% hafalan naskah kemudian mereka membentuk blocking masing-masing tokoh. Dalam naskah Caligula ini mereka memakai akting Presentasi, sedangkan gestur yang di pakai adalah grand style dan dialognya pun puitik.
Dalam proses latihan Caligula mereka  menghadapi beberapa kendala salah satunya jadwal latIhan yang terganggu oleh perbagai acara di kampus, dan juga susahnya mengumpulkan mahasiswa pemeranan untuk latihan bersama, sehingga sebulan sebelum pertunjukan/ujian semester ini persiapan mereka baru mendekati 50%.
Wawancara saya dengan salah satu pemain Caligula, ia mengatakan sukar memahami naskah, dan pendalaman karakterpun belum sepenuhnya di dapatkan. Untuk mengatasi itu, mereka mencari beberapa referensi, seperti menonton film Caligula.
5.      Bagaimana penghadiran benda-benda artistik
Pada pertunjukan Caligula ini, penghadiran benda artistik lebih di utamakan kepada kenyamanan aktor untuk blocking, dan juga penghadiran benda sebagai bentuk pergantian tempat. Properti yang digunakan untuk setting berupa trap untuk memberi
Terlebih dengan pemakaian setting dan properti simbolik yang memancing beragam tafsir. Beberapa trap yang disusun untuk membuat setting balkon, tonggak untuk penanda istana, dan kain putih merupakan ornamen artistik yang tidak dapat diartikan sebagai apa adanya.
Dominasi tata artistik menjadi daya tarik signifikan dari pertunjukan Caligula ini. Setidaknya, bentuk maupun komposisi yang ditampilkan, walaupun di beberapa item tidak jelas motivasinya, diharapkan mampu membius penonton untuk memahami latar tempat dan suasana pada pertunjukan Caligula.
6.      Bagaimana directingnya
Dalam proses latihan naskah Caligula ini, para aktor diberi pengarahan oleh pembimbing mata kuliah pemeranan, tidak ada sutradara tetap disini, oleh sebab itu, arahan pembimbinglah yang menjadi patokan akting mereka. Dalam memberi arahan kepada mahasiswa, pembimbing hadir dalam beberapa kali latihan dan melihat perkembangan penghafalan naskah mahasiswa, disaat naskah tersebut sudah hafal, maka peranan penting pembimbing ialah mengarahkan karakter dan akting apa yang cocok untuk masing-masing aktor.

0 komentar:

By :
Free Blog Templates